Permasalahan Yang Sering Dialami E-Shopper Dan E-Commerce Indonesia

Saturday, February 25, 2017
E-commerce atau (Electronic commerce) yang biasa disebut juga Perdagangan elektronik adalah suatu proses pembelian, penjualan, pertukaran barang dan jasa antara dua belah pihak melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Contoh dari e-commerce dapat berupa pembelian barang elektronik, buku, pakaian, tas, jam dan kebutuhan tersier lainnya yang dilakukan secara online dimana pihak penjual dan pembeli tidak harus bertemu secara langsung.

Kegiatan E-Commerce, dibagi menjadi 2 (dua):

  • Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
  • Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha dengan konsumen)

E-Commerce merupakan bagian dari E-Business

Gambar 1. (Sumber : bigmouthmarketing.co )
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-business yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll. Selain teknologi jaringan website, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, serta alat pembayaran untuk e-commerce ini.

Pada umumnya tujuan suatu perusahaan menggunakan sistem e-commerce dalam dunia bisnis adalah untuk memperoleh dan meningkatkan keuntungan dengan lebih efisien dan efektif. Adapun manfaat dalam menggunakan e-commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :
  • Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah
  • Mengurangi biaya operasional
  • Memperluas jangkauan sehingga transaksi on-line dapat diakses oleh semua orang
  • Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang  tepat waktu dan dapat langsung dicek.
  • Mempercepat waktu pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
  • Meningkatkan customer loyalty
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
  • Menyediakan harga kompetitif
  • Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  • Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  • Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  • Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  • Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dll.
  • Mempermudah kegiatan perdagangan.

Permasalahan atau Kendala pada E-commerce di Indonesia

Gambar 2. (Sumber : www.maxmanroe.com)
Salah satu permasalahan e-commerce yang paling dominan adalah permasalahan yang bersifat teknis operasional karena berhubungan dengan teknologi informasi. Berbagai kendala yang dialami dalam pengimplementasian e-commerce di Indonesia dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
  • Dukungan serta kebijakan pemerintah yang belum jelas.
  • Perkembangan infrastruktur yang lambat dan tidak merata di masing-masing wilayah.
  • Kurangnya sumber daya manusia (SDM).
  • Perlunya perbaikan sistem perdagangan yang ada.

Identifikasi Permasalahan E-commerce seperti Bukalapak

Gambar 3. ( Sumber : google.com pencarian bukalapak image)
Bukalapak.com - merupakan salah satu pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring ) yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual - beli daring (online) dengan model bisnis consumer-to-consumer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak.

Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, gawai (gadget), aksesori gawai, komputer, sabak (tablet), perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.

Siapa sih yang masih ga kenal sama yang namanya bukapalak ini ? pasti sudah banyak yang mengenali bukalapak.com ini tentunya. Yups ! bukalapak ini sudah banyak kita jumpai iklan-iklannya di berbagai media seperti televisi, iklan dari google adsense yang tampil di website dan blog publisher sebagai penayang, Youtube iklan video yang sangat menarik karena pada iklan bukalapak ini sangat banyak disukai oleh banyak orang.

Kenapa ? karena iklan bukalapak ini sangat fenomenal, jika bukalapak mengeluarkan iklan terbaru pasti ada saja orang yang sebut-sebut bukalapak dan menyanyikan kutipan lagu yang ada di bukalapak.

Apa permasalahan pada E-commerce Bukalapak ini ?

Gambar 4. (Sumber : www.jombsblog.com dan people.com)
Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa yang Saya rangkum dalam artikel ini mengenai permasalahan yang sering terjadi pada E-commerce seperti bukalapak ini. Saya sendiri juga sudah survey untuk membuktikan permasalahan yang dialami oleh e-shopper atau pembeli online pada E-commerce bukalapak ini.

Terbukti pada permasalahan yang ada pada bukalapak

  • Beberapa pelapak tidak user friendly terhadap konsumen yang akan membeli produknya.

    User friendly yang dimaksud adalah pelapak tidak memperlakukan penjual sebagai raja, karena pembeli adalah raja. Raja bukan berarti dia mau nya apa lalu diberikan maksudnya dari point pertama ini adalah sapa lah pelanggan dengan baik, bertatakrama dengan baik, menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Walaupun konsumen bawel tetap saja sebagai penjual harus melayani nya dengan baik.
  • Pengiriman telat pada masa yang telah ditentukan.

    Misalnya pengiriman tanggal 12 februari sampai pada tanggal 15 februari, Lalu pelapak mengirimkan nya pada tanggal 14 februari. Pada tanggal periode ini banyak pelapak yang dikecewakan karena lewat dari masa pengirimannya. Tanggal periode ini hanya sebagai contoh saja. Pada proses pengirimannya bisa lebih dari 3-5 hari.

    Jadi proses pengiriman sampai kepada konsumen adalah pada tanggal 18 februari ini menunjukan bahwa proses pengiriman yang lama menurut saya. karena seharusnya pelapak bisa me-manage waktu kapan barang  di pesan dan kapan harusnya barang itu dikirim dengan cepat agar memuaskan pelanggan. Karena saya juga pernah belanja di bukalapak dengan permasalahan seperti ini.
Selebihnya pada fasilitas bukalapak ini memang sangat enak untuk digunakan bagi para E-shopper dimanapun dan kapanpun mereka berada. Karena fasilitas yang ada dibukalapak ini juga sudah sangat cukup membantu memudahkan pembelian dan penjualan di bukalapak.com

Propose the solutions

propose-the-solutions
Gambar 5. Propose the solutions
Dapat kita simpulkan bahwa permasalahan ini bukan berasal dari website bukalapak, melainkan dari pelapaknya sendiri. Jika websitenya bagus dan memiliki rate tinggi, maka pelapak-pelapaknya juga harus lebih baik lagi agar tidak mengecewakan pelanggan bukalapak. Tetapi pelapak yang seperti ini hanya beberapa saja yang Saya jumpai. Semoga tidak ada pelapak yang seperti pada poin pertama pada identifikasi permasalah diatas.

Lalu bagaimana cara menyelesaikan permasalahan ini ? Jika saja bukalapak bisa me-mange pelapak dengan sistem pada website nya menggunakan cara peringatan pada pelapak jika barang sudah dipesan pada hari ini maka sistem harus bisa alert atau memperingati pelapak agar barang segera dikirim pada hari ini juga atau 1x24 jam.

Karena apa ? karena teknik ini dapat meningkatkan proses penjualan pada pelapak dengan feed yang sangat-sangat baik dari pembeli atau konsumen. Saya sangat merekomendasikan cara ini karena cara ini sangat efektif untuk dapat menjadikan bukalapak sebagai website toko online atau E-commerce terdepan nantinya.

Saran yang sangat direkomendasikan

Semoga saran yang Saya berikan ini akan merubah website bukalapak menjadi lebih terdepan nantinya. Saran saya untuk dapat menjadikan bukalapak menjadi website E-commerce yang lebih terdepan adalah dengan membuat lagi sistem metode pembayaran menggunakan Paypal.
Paypal-image
Gambar 6. ( Paypal Image )
Apa itu Paypal ? Paypal adalah sistem pembayaran online yang hingga sampai saat ini masih banyak orang yang menggunakannya. Karena di era modern ini banyak sekali pembisnis yang menggunakan metode pembayaran menggunakan Paypal ini. Sebagai contoh adalah blogger, jika blogger ingin melakukan bisnis online, blogger bisa menggunakan metode pembayan menggunakan paypal. Karena lebih simpel dalam penggunaannya.

Karena metode paypal ini sangatlah mudah untuk digunakan asalkan memiliki kartu debit atau yang lainnya untuk dikaitkan pada akun paypal. Pada akun paypal apabila kita tidak memiliki kartu pembayaran atau kartu debit juga, jika kita memiliki saldo pada paypal maka kita bisa menggunakannya tanpa harus menggunakan kartu pembayaran. Cara ini lebih praktis dan efisien dalam penggunaan nya.
contoh-akun-yang-memiliki-saldo
Gambar 7. (Contoh akun yang memiliki saldo paypal)
Perhatikan pada lingkaran angka 1, Send Money yang berarti mengirim uang. User hanya perlu klik Send Money setelah itu meneruskan pembelanjaan nya yang dikaitkan dengan kode transaksi dari barang pelapak di bukalapak. Lalu ada nomor 2. Request Money yang berarti meminta pembayaran. Pada request money ini, jika kita ingin meminta pembayaran segera bisa melalui request money melalui email. Metede pembayaran ini direkomendasikan untuk blogger atau youtuber yang memiliki saldo pada paypal.

Karena jika mereka memiliki saldo pada paypal dan melihat ada metode pembayaran di toko online melalui paypal. Pasti mereka akan membelanjakan keperluan yang mereka inginkan menggunakan saldo paypal ini.

Untuk dapat memasang Paypal pada website toko online, ada banyak cara yang harus dilakukan agar proses ini berhasil. Contohnya adalah website penyedia layanan domain dan hosting. Website penyedia layanan ini menggunakan metode pembayaran melalui Paypal karena metode pembayaran paypal ini sangat mudah karena banyak pembisnis online mempunyai akun paypal ini. 

Mungkin video ini dapat membantu untuk memasang paypal pada website Anda. Video tutorial How to add PayPal to your Wordpress Blog or Website, so You Can Accept Payments Or Donations? (Courtesy of Youtube.com)


Kesimpulan Saran

Jadi, Apakah tertarik dengan saran Saya untuk menambahkan metode pembayaran menggunakan Paypal ini ? Paypal yang kita gunakan adalah paypal indonesia www.paypal.com/id.

Amankah Paypal ini ? Jawabannya adalah Aman! karena jika Anda sudah mendaftar akun Paypal ini, Akun Anda sudah sangat-sangat Aman.

4 Tips Ide untuk E-Commerce Bukalapak.

Gambar 8. (4 Tips Ide untuk E-Commerce Bukalapak)

1. Strategi Marketing

Gambar 9. (Sumber : www.freepick.com)
Untuk strategi ini, E-Commerce pasti pengen punya brand awareness yang lebih baik & makin banyak orang yang belanja. Dari segi brand awareness, mereka mau media atau blogger untuk menulis sesuatu tentang bisnis mereka. Disini kamu bisa kasih saran ke CEO nya untuk membuat konten yang unik dalam bentuk visual. Contohnya, mengenai perilaku pembelanja online di Indonesia seperti, gadget apa yang paling sering mereka gunakan, waktu yang paling sering terjadi transaksi online, perbandingan perempuan dan laki-laki dan informasi unik sebagainya.

Untuk mendatangkan semakin banyak pelanggan, kamu bisa kasih saran ke CEO nya untuk buat interactivepage. Contohnya, ketika orang mendatangi page tersebut mereka diberikan beberapa pertanyaan survey. Ketika selesai menjawab akan ada voucher + rekomendasi produk. Pertanyaan survey ini dapat digunakan untuk keperluan analisis pelanggan.

2. Meningkatkan Peran Customer Service

Gambar 10. (Sumber : http://us.123rf.com)
Kamu ngga bisa dapet barang yang dicari? Mau warna lain dari dress atau sepatu yang lagi diincer? atau pengen dapet rekomendasi laptop mana yang paling pas untuk orang kaya kamu? Kamu bisa kasih saran ke CEO nya untuk meningkatkan customer service mereka dengan menambahkan sentuhan yang bersihaf Personal. CS bisa dibekali sama informasi-informasi personal ketika ngobrol dengan pelanggan. Misalnya, informasi tipe dress yang paling sering mereka cari di toko online, filter harga yang biasa mereka gunakan, dan informasi-informasi lain. Dengan ini, CS bisa memberikan saran yang lebih personal dan bakalan buat pelanggan merasa lebih diperhatikan. Siapa yang ngga suka diperhatiin? :).

3. Mempercepat Proses Pengiriman

kurir
Gambar 11. (Sumber : http://garuttrading.com)
“Pokoknya saya pengen produknya ada sekarang juga!!”. Pasti kita sering denger ginian dari temen kita atau bahkan diri kita. Nah, jadi dengan masalah seperti ini kamu bisa kasih saran ke CEO nya nih untuk mempercepat proses pengiriman. Contohnya adalah buat kerja sama dengan startup-startup Indonesia yang fokus di bidang logistik. Bisa kasih saran juga ke CEO untuk bisa ada pengambilan barang di offline store seperti Indomaret, alfamaret atau 7/11.

4. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan di Web

Gambar 11. (Sumber : www.freepick.com)
Ketika barang sudah sampai, maka sebaiknya sistem cepat merespon seperti pada lazada,co.id kepada pihak pembeli melalui email. Pada lazada.co.id ini juga memiliki sistem pembayaran bayar ditempat. Jadi jika barang sudah sampai dirumah dengan user consumen, maka konsumen bayar barang pun di tangan. Jika barang sudah sampai ditangan maka sistem dari website tersebut akan mengirimkan survey pengalaman tentang pelanggan atau kepuasan pelanggan terhadap barang dan kurir yang mereka gunakan. Pasti akan ada email dari lazada.co.id jika barang sudah sampai dan mengirimkan survey pengalaman berbelanja di lazada,co,id.

iPrice

Gambar 12. (Sumber cloudfront.net)
mungkin ini adalah tips yang sangat bagus untuk E-commerce bukalapak.com. Pada tahun ini mungkin website E-Commerce yang akan menjadi lebih maju dengan website baru sepertinya adalah iPrice. Karena ada kemungkinan besar, jika website E-commerce baru maka semakin banyak orang yang akan mengunjungi website tersebut seperti iPrice ini. Karena masih belum banyak yang mengetahuinya, Jika iPrice ini di promosikan pasti akan banyak yang membeli pada website E-commerce yang satu ini.

Mungkin cukup sampai disini pembahasan Permasalahan Yang Sering Di Alami E-Shopper Dan E-Commerce Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi permasalahan yang dialami E-commerce dan E-Shopper Indonesia.
Sumber inspirasi artikel definisi E-commerce : http://octianaeni.blogspot.co.id dan Sumber inspirasi artikel Bukalapak.com : https://id.wikipedia.org/wiki/Bukalapak
Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Share this

Perkenalkan nama saya Kholid Farhan. Seorang blogger pemula yang masih belajar dalam menulis sebuah artikel yang menarik dan berkualitas untuk dibaca.


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

3 comments

memang sih semua yang lebih pasti ada kurangnya , saya juga dulu kaget peseb di pelapak baru di bukalapak , setelah pembayadan fix ternyata barang baru sampai rumah saya sekitar 2 minggu

Balas

yups benar sekali, permasalahan ini lah yang harus di selelesaikan oleh e-commerce indonesia :D

Balas

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *